Selasa, 02 Maret 2010

Tips dan Trik Memanfaatkan Kipas CPU Untuk Motor Satria FU


Tips dan Trik Memanfaatkan Kipas CPU Untuk Motor Satria FU

Mungkin bagi para pengendara motor Satria FU sering mengalami mati mesin saat motor dibawa dalam perjalanan yang cukup jauh dan menggunakan kecepatan yang sangat tinggi. Hal inilah yang saya alami saat perjalanan mudik 2 tahun yang lalu, saya mudik ke kota Semarang. Yang pertama kali saya pikirkan adalah mungkin hal ini saya alami karena kondisi motor saya yang kurang fit akibat tidak melakukan tune-up terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik. Setelah beberapa bulan berlalu, saya melakukan turing bersama teman-teman ke Bandung-Jawa Barat. Ternyata hal serupa pun saya alami. Padahal sebelum perjalanan  saya sudah melakukan tune-up dan mempersiapkan segala nya agar motor tidak mengalami masalah saat turing nanti. Lalu saya berfikir  mungkin ada masalah dengan mesin motor saya.
Setelah bertanya kesana-kemari kepada teman-teman mekanik ternyata gejala mati sang satria itu diakibatkan karena Pilot Jet standar nya yang kekecilan. Ukuran pilot jet 12,5 dirasakan jauh sekali untuk memenuhi kebutuhan bensin sang bebek super ini. Minimal Satria FU standar dengan knalpot standar memakai pilot jet ukuran 15. Tentu saja hal ini bias membuat aliran bensin ke karburator lebih banyak, artinya si motor satria FU akan lebih boros pemakaian bensinnya. Tapi jangan khawatir, saya ada alternative lain yaitu dengan menggunakan kipas CPU. Bingung kan?? Begini caranya.
Kipas CPU bias kita beli di toko computer kesangan anda. (Gambar 1).
Lalu kipas itu saya sambung jadi dua dengan Cable ties dan dipasang persis di depan oil cooler (Gambar 2).
Kabel merah dari kipas saya sambungkan ke saklar kecil, lalu dari saklar saya sambungkan ke kabel orange di batok lampu. Kabel hitam dari kipas saya sambungkan ke bodi motor (atau bisa ke kabel (-) di batok motor) (Gambar 3).
Gampang kan?.kalo jalanan sedang macet yang membuat potensi mesin menjadi panas, saya tinggal nyalakan kipas dengan mengubah posisi saklar menjadi On.

 


Ini tampilan letak kipas CPU tersebut setelah di pasang :
 

Semoga bermanfaat.
By Teguh Prasetyo . H
NPM : 11107669
Kelas : 3 KA 16



1 komentar:

  1. trusss ntar klo motornya mau di cuci gmna, kipasnya mati dong. karna konslet

    BalasHapus